Loading...
Skip to Content

Cara Meningkatkan Brand Awareness Suatu Perusahaan

Cara Meningkatkan Brand Awareness Suatu Perusahaan

Biar kalian ga ketinggalan info!

Insightful - Feb, 12 2024

Halo, Sobat Folka!

Dalam membangun suatu bisnis kita haruslah mendapatkan suatu kesadaran merek oleh para calon customer kita, karena dengan demikian para customer akan membeli produk maupun layanan jika sudah terlebih dahulu sadar atau mengenal brand tersebut.

Data dari Nielsen Global New Product Innovation Survey menunjukkan, 59% konsumen lebih memilih untuk membeli produk baru yang dibuat oleh brand yang tidak asing bagi mereka.

Dengan hasil survey yang sebesar 59% itu, lalu apa itu kesadaran merek dan seberapa besar perannya dalam bisnis?

Kesadaran merek atau brand awareness adalah gambaran tingkat pengetahuan, pemahaman, dan pengenalan yang dimiliki oleh konsumen terhadap suatu merek atau perusahaan. Brand awareness penting bagi bisnis karena konsumen cenderung membeli produk yang berasal dari merek yang dikenalnya.

Peran Penting Brand Awareness

Kesadaran merek atau brand awareness sangat penting untuk semua jenis bisnis. Karena hal ini mungkin akan menyebabkan konsumen membeli produk atau  jasa Anda untuk pertama kalinya. 

Selain itu, kesadaran merek juga dapat mendorong konsumen untuk terus melakukan pembelian. Kesadaran merek biasanya digunakan sebagai ukuran kinerja  merek. 

Setiap tahun, perusahaan  berinvestasi untuk terus meningkatkan dan meningkatkan kesadaran merek. Jika menurun, perusahaan  menggunakan berbagai strategi pemasaran untuk mengembalikan kesadaran merek, karena disaat kesadaran menurun akan sangat mempengaruhi daya jual.

Hal ini juga merupakan kunci penting di dalam perencanaan pemasaran dan strategy development. Selanjutnya brand awareness dapat dikategorikan menjadi 3 tingkatan, yaitu:

  1. Brand recognition atau aided recall, 
    adalah kemampuan konsumen untuk mengenali suatu produk saat mereka melihat produk tersebut.
     
  2. Brand recall atau unaided recall, 
    mengacu pada kemampuan konsumen untuk mengingat nama sebuah merek berdasarkan kategori produk. Pada tingkatan ini, setiap konsumen cukup mendengar kategori produk atau melihat sekilas produk yang mereka butuhkan untuk mengingat merek produk tersebut.
     
  3. Top-of-mind awareness, 
    mengacu pada merek atau produk tertentu yang muncul pertama kali di pikiran konsumen saat mereka sedang memikirkan industri atau kategori tertentu.
     

Strategi Meningkatkan 

Brand Awareness

Ada banyak cara untuk meningkatkan kesadaran merek. Berikut beberapa strategi periklanan yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kesadaran merek.

  1. Buat Logo dan Tagline Menarik, Hal yang paling mendasar untuk menciptakan brand awareness adalah membuat logo dan tagline semenarik mungkin. Logo akan muncul pada setiap yang berhubungan dengan bisnis Anda.

    Mulai dari produk, poster, website, media sosial, kartu nama serta dokumen lainnya. Buatlah logo yang ikonik sehingga lebih melekat dan orang akan mengingat brand Anda dalam sekali pandang.

    Selain itu, buatlah tagline yang sederhana namun sangat merepresentasikan merek. Sehingga mudah diingat dan konsumen dapat dengan mudah mengasosiasikannya
     
  2. Aktif di Media Sosial, disebut sebagai cara terbaik agar lebih dekat dengan konsumen. Alasannya adalah karena masyarakat saat ini hampir seluruhnya mempunyai akun media sosial baik itu Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

    Menurut “Digital Around The World 2019”, di Indonesia sendiri ada lebih dari 150 juta orang yang menggunakan media sosial dari total 268 juta penduduk. Anda bisa menjangkau konsumen dengan memanfaatkan platform yang setiap hari mereka akses. Media sosial memungkinkan merek dapat dikenal oleh target pasar spesifik secara luas.


     
  3. Lakukan Co-Branding, co-branding adalah kerjasama antara dua merek atau lebih yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan citra produk atau jasa.

    Salah satu contoh co-branding yang tidak asing adalah Chitato dan Indomie, Chitato mengedarkan produk dengan rasa Indomie goreng. Penggabungan ini terbilang cukup unik sehingga konsumen dibuat penasaran dan berbondong-bondong untuk mencoba.
     
  4. Memberi Reward, Siapa yang tidak suka dengan hal-hal yang berbau cuma-cuma? Seroyal apapun konsumen terhadap sebuah merek, pasti tetap tertarik untuk mengikuti promosi merek lain yang memberikan potongan harga, promo dan voucher.

    Anda bisa menggunakan strategi ini untuk menarik calon konsumen yang belum mengetahui atau mencoba produk Anda. Tawarkan reward ini dengan beberapa syarat seperti membagikan postingan terkait merek Anda di media sosial atau kode refferal.

Jadi itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kesadaran merek bisnis anda yang kemudian bisa mendongkrak bisnis anda pada koneksi brand dan juga pada sisi penjualan

Kalian bisa hubungi kami di www.folkatech.com

Tags: Brand, Awareness