Loading...
Skip to Content

Keterampilan digital untuk pemula, Memahami dan Mengenal Berbagai Aplikasi

Keterampilan digital untuk pemula, Memahami dan Mengenal Berbagai Aplikasi

Yuk kenalan,biar kalian tau!

News - Jan, 19 2024

Halo, Sobat Folka!

 

Kebutuhan akan lapangan kerja tentunya menjadi hal yang penting bagi sebagian besar masyarakat  Indonesia yang  belum mendapatkan pekerjaan maupun yang baru  menyelesaikan studi dan mulai mencari pekerjaan yang layak. Namun, sebelum  diterima di dunia kerja, kita juga harus memahami  apa saja kebutuhannya. Secara khusus, kebutuhan perusahaan atau penyedia layanan suaka  dalam banyak hal dianggap sebagai prioritas dan esensial.

Mulai dari kebutuhan  sumber daya manusia di bidang otomotif seperti mekanik dan supir, hingga industri manajemen yang  membutuhkan administrator yang handal, hingga industri tulisan tangan yang membutuhkan keahlian dan kejelian penulis naskah, hingga ke bidang penyediaan lapangan kerja di bidang teknologi.

Desain grafis adalah seni dan praktik membuat gambar dan komunikasi menggunakan elemen seperti gambar, teks, dan warna. Bagi pemula, pemahaman desain grafis mencakup pemahaman dasar tentang konsep desain, cara menggunakan software desain, dan kreativitas yang diperlukan untuk menyusun elemen-elemen tersebut untuk menciptakan informasi, pesan visual yang efektif dan menarik.

Sebagai permulaan, desain grafis lebih dari sekedar memilih warna atau menyusun teks dan gambar secara acak. Desain grafis melibatkan proses pemikiran  mendalam untuk memahami tujuan komunikasi, target audiens, dan pesan yang ingin disampaikan. Memahami elemen desain seperti proporsi, ritme, kontras, dan harmoni sangat penting untuk menciptakan desain yang menarik.

 

 

Selain itu, pemula harus mahir dalam software desain grafis seperti Adobe Photoshop, Illustrator atau CorelDRAW. Dengan menguasai software ini, para pemula dapat mewujudkan ide kreatifnya dalam bentuk visual yang realistis. Namun, selain menguasai software, pemula juga harus memahami prinsip desain dan seni visual untuk menciptakan karya yang berkualitas.

Salah satu keterampilan yang saat ini banyak diminati di dunia kerja adalah desain grafis. Desain grafis tidak hanya digunakan untuk mendukung proses pemasaran digital tetapi juga sebagai cara untuk menyampaikan pesan atau informasi yang lebih menarik di berbagai jejaring sosial dan situs web.

Dalam pengertian yang lebih luas, desain grafis bukan hanya tentang menciptakan visual yang menarik, tetapi juga tentang menyampaikan pesan dengan cara yang efektif dan persuasif. 

Oleh karena itu, bagi pemula, belajar desain grafis bukan hanya sekadar memahami teknik-teknik dasar, tetapi juga mengasah kemampuan berpikir kreatif, analitis, dan mengembangkan ketajaman mata dalam mengamati detail-detail visual.

Dengan memahami pengertian desain grafis secara menyeluruh, pemula dapat membangun dasar yang kuat untuk mengembangkan keterampilan desain mereka lebih lanjut. Praktek terus-menerus, eksplorasi kreatif, dan pembelajaran yang berkelanjutan akan membantu pemula mengembangkan potensi mereka dalam dunia yang terus berkembang ini. 

Tak cukup sampai di situ, memiliki kemampuan desain grafis bisa membantu dan membuat seseorang menjalani berbagai profesi baru. Ada banyak bidang pekerjaan yang berkaitan dengan desain grafis, seperti spesialis media, web designer, content creator, hingga UI/UX designer. 

 

 

Ragam Aplikasi penunjang Desain Grafis yang udah dipelajari dan dipahami. Ada banyak aplikasi desain grafis yang cocok untuk pemula, terutama karena banyak dari mereka memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan menyediakan berbagai fitur dasar untuk memulai. Berikut adalah beberapa aplikasi desain grafis yang direkomendasikan untuk pemula :

 

  1. Adobe Spark : 

    Adobe Spark adalah platform desain grafis online yang mudah digunakan. Dengan Adobe Spark, Anda dapat membuat berbagai jenis konten visual, termasuk posting media sosial, cerita web, dan poster.
     
  2. Canva :

    Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis paling populer dan ramah pengguna. Canva menyediakan ribuan template, elemen desain, dan gambar yang dapat digunakan secara gratis. Ini sangat cocok untuk membuat poster, undangan, media sosial, dan banyak lagi.
     
  3. PicMonkey : 

    PicMonkey adalah editor foto online yang memungkinkan Anda mengedit gambar dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini cocok untuk pemula yang ingin melakukan editing foto sederhana, menambahkan teks, atau membuat kolase gambar.
     
  4. Gravit Designer : 

    Gravit Designer adalah aplikasi desain vektor berbasis web yang sangat kuat dan bersifat gratis. Ini memiliki banyak alat mirip dengan Adobe Illustrator dan memungkinkan pengguna membuat grafis vektor dengan mudah.
     
  5. Inkscape :

    Inkscape adalah aplikasi desain vektor open-source yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Meskipun mungkin memiliki kurva belajar sedikit lebih curam daripada beberapa aplikasi lainnya, Inkscape merupakan pilihan yang solid untuk pemula yang tertarik dengan desain vektor, dan masih banyak lagi.

 

Kemajuan teknologi yang begitu pesat memberikan berbagai kemajuan yang bisa saja menjadi hal yang sangat positif pada kehidupan bagi kehidupan manusia seperti contohnya adalah membuka peluang pekerjaan baru yakni sebagai design graphic dengan berbagai aplikasi yang mendukung dengan sangat baik.

 

 

Dengan beragamnya aplikasi yang menunjang untuk kalian mulai mempelajari seperti apa itu design graphic dan mengembangkan minat kalian, terlebih lagi apabila kalian dapat memanfaatkan dan mengkombinasikan dengan baik antara teknologi dan skill individu yang kalian miliki.

 

Kalian bisa hubungi kami di www.folkatech.com

Tags: Keterampilan, Digital, Pemula