Loading...
Skip to Content

Sudah siap? Backup Chat WA di Android Tidak “Gratis Lagi”

Sudah siap? Backup Chat WA di Android Tidak “Gratis Lagi”

Biar kalian ga ketinggalan info!

News - Jan, 22 2024

Halo, Sobat Folka!

 

Secara mengejutkan, raksasa ternama Google telah mengubah kebijakannya terkait platform perpesanan WhatsApp (WA) di ponsel Android.Kebijakan ini mencakup penggunaan ruang cadangan chat WA di Google Drive.

Seperti yang diketahui, pengguna WA bisa membackup riwayat chat ke Google Drive agar tidak hilang dan  mudah dipindahkan saat berganti ponsel. Di halaman dukungan, Google mengumumkan bahwa mencadangkan pesan WhatsApp di Android tidak lagi memiliki "kuota" penyimpanan gratis di Google Drive  mulai akhir tahun 2023.

Hingga saat ini, mencadangkan pesan WhatsApp Android di Google Drive menjadi istimewa karena tidak menghabiskan kuota yang kita miliki. Untuk menggunakan batas penyimpanan Anda, gunakan Google Cloud gratis (15 GB) atau daftar ke Google One (>100 GB).

 

 

 Baru-baru ini WaBetaInfo mengabarkan bahwasanya WhatsApp kemungkinan akan menghapus cadangan Google Drive untuk pengguna Android yang sebelumnya tidak terbatas. Akan ada opsi untuk mengecualikan hal-hal tertentu saat menyimpan dengan pembayaran tertentu.

“Tiga bulan lalu kami melihat fitur baru dalam pengembangan yang membantu mengelola obrolan WhatsApp saat disimpan ke Google Drive,” tulis WaBetaInfo, Kamis (3/2/2022). Halaman ini menambahkan bahwa pengguna dapat mengecualikan jenis pesan tertentu dari cadangan untuk menghemat ruang di Google Drive.

Pengamatan berikutnya menunjukkan bahwa cadangan WhatsApp tidak lagi diperhitungkan dalam batas penyimpanan Google Drive. "Kami segera menyadari sesuatu yang aneh: cadangan WhatsApp tidak lagi diperhitungkan dalam kuota penyimpanan Google Drive kami, jadi mengapa WhatsApp berencana merilis fitur ini? Jawabannya Sederhana saja: Google berencana berhenti menawarkan paket penyimpanan tak terbatas untuk penyimpanan Cadangan WhatsApp," jelas halaman itu.

Sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan berbagai kalangan khususnya para pengguna android yang mana secara jelas pernyataan tersebut bisa dikatakan cukup merugikan para pengguna android.

 

 

Menurut Google, kebijakan baru penyimpanan chat WA  ini  pertama kali diterapkan pada pengguna WhatsApp Beta mulai Desember 2023. Selanjutnya secara bertahap akan berlaku untuk seluruh pengguna WhatsApp di Android mulai Desember 2023. Kemudian, kebijakan ini secara bertahap berlaku untuk seluruh pengguna WhatsApp di Android mulai awal tahun 2024. 

 Menurut Google, pencadangan WhatsApp di Android akan terus berfungsi, selama pengguna memiliki ruang yang tersedia di penyimpanan akun Google pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Google Support, Rabu (15/11/2023).

Jika pengguna mencapai batas penyimpanan, pengguna harus mengosongkan ruang untuk melanjutkan pencadangan dengan menghapus item yang tidak diperlukan di Google cloud. Alternatif lain, pengguna bisa menghapus chat dan media yang menghabiskan banyak ruang di WhatsApp. 

Cara lain, pengguna bisa memperluas penyimpanan Google cloud dengan berlangganan Google One secara bulanan/tahunan dengan harga dan opsi penyimpanan yang beragam. Mulai Rp 26.900 (100 GB/30 hari), Rp 43.000 (200GB/30 hari), Rp 269.000 (100 GB/ setahun).

 

 

Dengan adanya pernyataan tersebut diharapkan para pengguna android dapat bersiap dengan perubahan kebijakan tersebut dengan lebih bijak mengelola penyimpanan jika sekiranya tak ingin membayar untuk melakukan backup.

 

Kalian bisa hubungi kami di www.folkatech.com

Tags: Keterampilan, Digital, Pemula